Shape Psychology dalam Marketer
Dalam kehidupan sehari-hari kita sering melihat berbagai bentuk, sebagian besar orang mungkin tidak menyadarinya. Namun, tahukah kamu kalo bentuk-bentuk ini mempengaruhi psikologi dalam strategi pemasaran? Pernahkah kamu berpikir shape psychology ini secara tidak langsung mempengaruhi emosi dan perspektif dalam otak kita? Kok bisa?
Mengetahui lebih jelas, lihat nenek moyang kita membuat peralatan dengan berbagai bentuk dan pola dalam waktu lama, tapi apa yang mendorong mereka? Jawabannya, ingin terlihat indah dan menimbulkan kebahagiaan. Nah, alasan ini juga yang sering kita lakukan saat membeli suatu barang, karena bagus, lucu, unik, dan akhirnya impulsif membeli.
Seiring berjalannya waktu, tren juga berubah, ada orang yang menyukai bentuk sederhana, unik, bahkan sampai yang terkesan aneh. Kenapa hal ini bisa terjadi? Mengapa orang cenderung hanya menyukai bentuk tertentu? Mengapa bentuk-bentuk ini mempengaruhi emosi dan perspektif kita?
Pada dasarnya, psikologi akan mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan manusia, begitupun dalam psikologi bentuk. Setiap orang melihat bentuk dengan berbagai sudut pandang. Lalu, bagaimana cara shape psychology dalam marketer akan mempengaruhi emosi kita?
Baca Juga: 12 Skill Wajib Pebisnis di Era Digital – MediaMarketer
Berikut kita simak psikologi bentuk dalam marketer ada apa saja.
Kotak dan persegi panjang
Bangun datar ini sangat umum dijumpai, lihat saja gedung tinggi. Garis lurus dan simetris pada bentuk ini memberikan kesan tegas dan aman, maka dari itu identik dengan bangunan, tiang, dan struktur kuat lainnya.
Segitiga
Segitiga menjadi bentuk yang mewakili gerakan dan arah, memiliki tiga puncak runcing membuat orang fokus ke masing-masing ujung runcing. Nah, bentuk ini sering digunakan untuk menunjukkan arah dan simbol yang menjadi fokus utama.
Lingkaran, oval, dan elips
Bentuk tidak berujung ini dan tidak memiliki sudut identik dengan keabadian. Sebagai simbol matahari, bulan, bumi, dan objek planet lainnya menimbulkan perasaan misteri dan penasaran dalam pikiran. Umumnya, bentuk ini menjadi ikonik untuk para desain grafis membuat ikon kecil pada halaman situs web.
Spiral
Spiral sering kita lihat pada tumbuhan yang merambat, bentuk ini umumnya dikaitkan dengan kehidupan dan pertumbuhan. Pada beberapa budaya, bentuk ini memiliki arti pengetahuan dan informasi. Sedangkan, pada masyarakat modern diartikan sebagai bentuk kreativitas.
Abstrak
Bentuk yang tidak teratur dan terkesan menyimpang menjadi simbol dari ide-ide abstrak yang alami.Shape ini bisa terlalu sulit dikenali, karena gayanya yang rumit, berbeda, dan detail yang sedikit.
Sebagai marketer penting untuk mempersiapkan strategi, kampanye, dan desain yang digunakan. Kita harus memilih bentuk yang menggambarkan identitas dan tujuan bisnis kita yang akan mempengaruhi pola pikir target kita. Mengetahui psikologi bentuk, akan membantu kita mencapai tujuan secara efektif, karena ilmu psikologi membantu pemasar untuk merencanakan dan memprediksi bagaimana otak bekerja. Mau tahu informasi dan tips-tips sukses lainnya? Terus pantau mediamarketer.id, ya!
Follow Social Media kami mediamarketer.id
Sumber : Shape Psychology for Marketer