Pentingnya Peran Kemasan Frozen Food Dari Segi Marketing
Bisnis kuliner menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin memulai bisnis, salah satu yang wajib dicoba yaitu frozen food atau makanan beku. Frozen food menjadi populer karena penyimpanan mudah, ketahanan cukup lama, praktis, dan bervariatif menjadi pilihan konsumen. Sebelum melangkah berbisnis, kamu juga harus memperhatikan soal pentingnya peran kemasan bisnis frozen food dari segi marketing.
Kemasan berperan penting dalam sebuah produk, tidak hanya sebagai pembungkus, tapi juga menjadi daya tarik. Tidak sedikit orang membeli produk melihat dari kemasannya yang menarik, tapi beda cerita kalo untuk makanan jenis frozen food. Tidak hanya bermodalkan kemasan menarik, frozen food juga membutuhkan kemasan khusus yang membantu kualitas makanan di dalamnya terjaga, tapi kebanyakan kemasan seperti ini tidak menarik dalam segi marketing. Karena, kemasan juga bagian dari promosi produk, penting untuk memahami peran kemasan frozen food dalam segi marketing.
Baca Juga: 6 Tips Jualan Makanan dan Minuman di Instagram – MediaMarketer
Berikut kita simak pentingnya peran pakaging frozen food dari segi marketing.
1. Identitas brand
Ide bisnis ada, produk udah jadi, jangan lupa kemasan juga harus diperhatikan. Kemasan yang baik tentu kemasan yang memuat identitas brand, nama, logo, warna, bentuk, bahkan informasi lainnya. Terlihat sepele, tapi kemasan masih menjadi daya tarik konsumen. Kamu bisa membuat kemasan sesuai dengan jenis produk kamu, pastikan nama, logo, warna, tulisan informasi lainnya jelas dan menggambarkan identitas brand kamu.
2. Menarik perhatian
Kemasan yang menarik akan mudah dikenali konsumen, contohnya saja jika kamu sebagai umkm frozen food ayam goreng, kamu bisa membuat kemasan dengan desain ilustrasi ayam goreng menggiurkan dan penggunaan warna keemasan.
3. Tolak ukur pemasaran
Banyaknya menu pada bisnis frozen food tentu membuat konsumen tertarik, tapi kalo kemasannya polos, maka produk kamu bisa jadi tidak diingat. Maka, penting buat kamu selain dari berinovasi pada menu, tapi juga memperhatikan estetika kemasan produk.
Selain dari memahami peran kemasan, kamu juga wajib mengetahui jenis-jenis kemasan dalam bisnis frozen food. Pada umumnya, kemasan yang digunakan berbahan plastik yang kuat dan tebal, karena lebih awet, aman, dan higienis,
4. Vacuum nylon bag
Kemasan ini sering kita jumpai di berbagai frozen food, ciri khasnya dengan menggunakan mesin vacuum sealer untuk mengeluarkan udara dalam kemasan agar makanan lebih awet dan terhindar dari pertumbuhan bakteri.
5. Plastik three side seal
Memiliki material yang sama dengan vacuum nylon bag, perbedaannya ada pada pengemasan yang menggunakan mesin continuous sealer dengan tiga penyegelan.
6. Kemasan full printing
Kemasan satu ini prosesnya dibantu oleh mesin pengemas otomatis, biasanya untuk produk berskala besar seperti pabrik atau industri yang menggunakan bahan pengawet makanan. Kelebihan kemasan terletak pada tampilan yang menarik dan beragam ukuran.
Itulah informasi mengenai pentingnya peran kemasan dari segi marketing untuk bisnis kamu. Jangan lupa dipraktikkan dan kalo masih bingung kamu bisa cek informasi dan tips-tips lainnya di mediamarketer.id, ya!
Baca Juga: Rekomendasi Kemasan Frozen Food Buat Bisnis Makanan Beku!