Close
Type at least 1 character to search
Back to top
Tips Mengoptimalkan Digitalisasi

Tips Mengoptimalkan Digitalisasi

Perkembangan teknologi yang pesat telah menyebabkan transformasi digital di Indonesia. Saat ini, perubahan gaya hidup masyarakat yang semakin bergantung pada teknologi memaksa para pelaku UMKM untuk melakukan transformasi bisnis melalui platform digital. Transformasi digital tentu tidak mudah dicapai. Banyak aspek yang harus diperhatikan dengan seksama karena UMKM offline pertama harus menemukan cara yang tepat untuk mengoptimalkan digitalisasi UMKM. Lalu, bagaimana cara mengoptimalkan digitalisasi UMKM. Simak Tips Mengoptimalkan Digitalisasi berikut penjelasannya !

Mengapa UMKM harus melakukan Digitalisasi? 

Sebelum kita membahas bagaimana cara mengoptimalkan digitalisasi UKM, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu alasan mengapa UKM perlu melakukan digitalisasi. Berikut penjelasannya!

Seperti yang kita ketahui, pandemi COVID-19 berdampak signifikan terhadap semua sektor ekonomi dalam dua tahun terakhir. Berbagai jenis bisnis menghadapi hambatan dan tekanan yang berbeda. Salah satu jenis usaha yang paling terdampak adalah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Untuk mengatasi hal tersebut, digitalisasi UMKM merupakan salah satu langkah efektif yang harus dilakukan pemilik UMKM untuk mempertahankan usahanya. Selain itu, digitalisasi UKM meningkatkan kinerja, pemasaran, dan penjualan online, dengan mempertimbangkan tren belanja online yang semakin disukai masyarakat.

Jadi pentingnya digitalisasi UKM sudah jelas kan? Kini saatnya membahas bagaimana digitalisasi perusahaan menengah dapat dioptimalkan. Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut!

5 cara untuk mengoptimalkan digitalisasi UMKM

Jika kamu seorang wirausahawan yang ingin mendigitalkan UKM, Anda perlu mengetahui cara mengoptimalkan upaya agar bisnis Anda berkembang. Inilah 5 Cara Mengoptimalkan Digitalisasi UMKM!

Offline ke Online (e-Commerce)

Sebagai pemula, hal pertama yang perlu dilakukan untuk digitalisasi UMKM yang optimal adalah dengan membuka toko online di toko online. Mulailah berjualan dengan platform e-commerce yang sarat dengan berbagai fitur untuk meningkatkan bisnis Anda!

E-commerce bukan hanya pasar untuk menjual produk atau layanan secara online. Platform ini juga mampu memperluas jangkauan pasar, memudahkan pelanggan berbelanja, menarik pelanggan melalui media sosial atau mesin pencari, dan lainnya.

Untuk mengoptimalkan digitalisasi MIME, Anda dapat mendaftarkan perusahaan Anda di beberapa platform e-commerce. Upaya ini meningkatkan peluang Anda untuk menarik pelanggan dan mempromosikan UMKM di dunia maya.

Aktif di Website dan Media Sosial (Online Presence)

Selain itu, membangun kehadiran online adalah cara yang tepat untuk mengoptimalkan digitalisasi UMKM. Apa itu kehadiran online?

Kehadiran online dapat diartikan sebagai kehadiran online. Artinya, platform perusahaan Anda, baik website maupun media sosial, akan mendapat perhatian lebih dari pengguna internet dibandingkan kompetitor. Alhasil, banyak orang yang tahu tentang bisnis Anda dan menanyakannya. Dalam optimalisasi digitalisasi UMKM, fungsi utama online presence adalah untuk menarik pelanggan baru ketika mereka berkunjung ke platform perusahaan Anda. Orang cenderung percaya pada produk atau layanan yang Anda tawarkan saat kehadiran online perusahaan Anda aktif dan interaktif.

Pemasaran Online

Setelah Anda membangun kehadiran online untuk perusahaan Anda, cara selanjutnya untuk mengoptimalkan digitalisasi UMKM adalah pemasaran internet (internet marketing). Pemasaran online dapat membantu pelaku UMKM meriset produk apa yang diinginkan konsumen. Penelitian ini dapat membantu Anda membuat strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan Anda.

Internet marketing adalah salah satu strategi terpenting untuk mengoptimalkan digitalisasi bagi UMKM karena banyak potensi keuntungannya. Implementasi pemasaran online memungkinkan Anda mencapai cakupan pasar yang lebih luas, menghemat waktu dan uang, menyederhanakan pemilihan target pasar, dll.

Baca juga : jobdesc digital marketing staff dan skill wajib

Komunitas Belajar tentang Digitalisasi UMKM

Menyusun strategi pemberdayaan UMKM memang penting, namun menambah wawasan tidak kalah pentingnya untuk menjalankan bisnis. Tanpa pengetahuan yang memadai, Anda pasti akan menemui kesulitan ketika ingin mengoptimalkan digitalisasi UKM.

Perluas pengetahuan Anda tentang digitalisasi UMKM dengan perusahaan lain, terutama yang sudah online sebagai UMKM. Jangan sungkan untuk bertanya sebanyak-banyaknya kepada yang sudah berpengalaman. Lebih baik bertanya daripada tersesat di jalan, bukan?

 

Berikut langkah- langkah mudah dalam digitalilasi melalui optimasi . Kira- kira cara mana sih yang akan kamu pakai dalam digitalilasi ? Yuk comment di kolom komentar ya ! untuk melihat artikel lainnya silahkan pantau terus di mediamarketer.id !

Written by

Mediamarketer menghadirkan platform untuk terbentuknya ide-ide kreatif, informasi spesifik, edukasi yang tepat dan menciptakan peluang untuk setiap bakat agar bisa terhubung dengan bisnis.