Tingkatan Influencer Berdasarkan Jumlah Followers
Kamu mau coba influencer marketing? Boleh banget. Tapi, ada tingkatan influencer berdasarkan jumlah followers yang harus kamu ketahui dulu.
Sebelum itu, kita bahas dulu apa itu Influencer.
Dalam dunia marketing, influencer adalah seseorang atau sekelompok orang yang dapat memengaruhi atau pandangan atau persepsi masyarakat terhadap suatu hal.
Bukan hanya itu, para influencer ini bisa membuat orang-orang meniru dirinya. Misalnya, gaya berpakaian hingga gaya bicara.
Influencer ini bisa seorang artis, penyanyi, seniman, bahkan seorang politikus.
Manfaat Influencer dalam marketing itu apa?
Influencer memiliki followers di jejaring sosial medianya. Dengan kamu menyewa influencer, maka bisa membantu dalam membangun image brand kamu.
Lalu, mereka bisa meningkatkan awareness terhadap brand kamu. Ini juga memungkinkan followers mereka untuk membeli produk kamu.
Dari manfaat di atas bisa menambah alasan kamu kenapa harus pakai influencer marketing. Tunggu dulu. Kita belum ke pembahasan inti.
Poin selanjutnya yang harus kamu tahu untuk mulai influencer marketing adalah tingkatan influencer berdasarkan jumlah followers. Ini dia.
Nano Influencer
Influencer Nano ini merupakan influencer dengan tingkatan paling rendah yang memiliki followers sekitar 1.000 sampai 10.000.
Walaupun tidak terlalu banyak, influencer ini bisa memberikan pengaruh yang kuat terhadap followersnya.
Biasanya, tingkatan influencer nano ini kebanyakan mengenal followersnya. Maka dari itu, tingkat engagement pada influencer ini tinggi dan bisa mencapai setengah persen dari followersnya.
Micro Influencer
Tingkatan influencer berdasarkan followers yang kedua adalah Micro Influencer, yang memiliki 10.000 sampai 100.000 followers. Biasanya,tingkatan ini diisi oleh orang-orang ahli.
Misalnya seperti fashionista, pakar kecantikan, dan orang-orang yang mempunyai kapabilitas di bidang tertentu. Oleh karena itu, kepercayaan terhadap influencer ini cukup tinggi.
Hal itu juga bepengaruh terhadap engagement rate yang lumayan tinggi, yaitu rentan 25% sampai 50%
Influencer tingkatan Micro pula biasanya fokus memposting hal-hal yang digemari dan dilakukan secara konsisten.
Macro Influencer
Tingkatan influencer berdasarkan followers selanjutnya adalah Macro Influencer. Tingkatan ini memiliki followers dengan jumlah 100.000 sampai satu juta.
Dengan followers yang banyak ini, kamu bisa meningkatkan brand awareness. Sayangnya, jumlah engagement kurang dari yang sebelumnya.
Selain itu, karena followers yang banyak, kamu juga harus mengeluarkan biaya yang banyak juga untuk bisa menggunakan jasa influencer ini.
Biasanya, influencer tingkat ini membuat sebuah konten yang berkualitas demi membangun citra yang baik dari akunnya. Kadang, mereka juga punya tim khusus untuk mengelola konten dan akun tersebut.
Baca Juga : Branding Untuk UMKM? Penting Banget?
Mega Influencer
Tingkatan influencer berdasarkan followers yang paling atas adalah Mega Influencer, yang memiliki lebih dari satu juta pengikut sosial media. Contohnya adalah publik figur seperti artis atau penyanyi.
Dengan followers sebanyak itu kamu bisa meningkatkan brand awareness secara konstan.
Tapi, influencer ini sebenarnya memiliki rate engagement yang paling sedikit diantara influencer sebelumnya. Mengingat punya followers yang sangat banyak.
Perlu diingat, jika ingin menjalankan influencer marketing perlu beberapa pertimbangan lagi.
Misalnya mau pakai tingkatan influencer berdasarkan followers yang mana? Itu bisa disesuaikan dengan tujuan marketing kamu
Apakah hanya ingin menambah brand awareness atau sekaligus kepercayaan orang banyak?
Karena pada dasarnya, semakin banyak jumlah followersnya, maka semakin sedikit engagement rate nya.
Sudah menentukan pilihan kamu? Apa masih bingung? Tenang, terus pantau saja mediamarketer untuk membahas digital marketing khususnya influencer marketing ini.
Follow Instagram kami : Mediamarketer