
Strategi dalam Content Marketing Tahun 2022
Pengen coba Content Marketing tapi masih ragu? Beberapa strategi dalam content marketing disini akan dibahas mengenai hal-hal yang bisa dijalankan dalam content marketing.
Sebelumnya, kamu sudah tahu seberapa penting content marketing itu.
Fakta yang tidak bisa ditampik adalah 54% pengguna internet tidak mengetuk banner iklan saat muncul di website ataupun di smartphone. 70% orang mengaku jika mereka lebih tertarik mempelajari produk dari konten.
Dibanding kamu harus mengeluarkan biaya untuk iklan di website atau menggunakan google ads, content marketing ini tidak dipungut biaya apapun. Tapi, tentu perlu usaha yang lebih besar.
Keunggulan lain adalah lebih berlaku secara jangka panjang. Jika kamu pasang iklan, kamu tidak mungkin menyewa suatu spot untuk selamanya bukan? Ada rentan waktunya.
Kalau kamu sudah paham alasan mengapa content marketing itu penting, sekarang kita bahas mengenai strategi dalam content marketing tahun 2022 terbaru.
Siapkan rencana konten
Strategi dalam Content Marketing yang pertama adalah membuat sebuah rencana dan itu amat penting, kamu perlu perencanaan untuk membuat konten kamu berjalan.
Dimulai dengan menetapkan tujuan dan menemukan target audiens yang tepat. realistis dengan tujuan kamu Selanjutnya, meneliti audiens dan cari tahu apa yang mereka sukai.
Ingat, target kamu juga membantu dalam menemukan jenis dan tema konten kamu, dan di mana harus mengunggahnya. Tidak harus menggunakan semua sosial media, fokuskan saja pada satu sosial media. Jika memungkinkan, baru kamu bisa mengoptimasi semuanya.
Buat Content Calendar.
Setelah kamu menentukan target dan tempat yang tepat. Jangan lupakan jika setiap sosial media memiliki aturan frekuensi posting yang berbeda.
Maka dari itu, strategi dalam selanjutnya adalah menentukan jumlah konten yang di posting. Misalnya, Twitter butuh beberapa tweet sehari.
Dengan adanya Content Calendar, akan membantu dalam rencana postingan yang dirangkai berdasarkan tanggal dan waktu dan garis besar terhadap yang telah diposting dan apa yang akan diposting.
Kenali Konten
Strategi selanjutnya adalah konten kamu fokus pada bidang usaha kamu dan apa yang kamu tawarkan. Walaupun mungkin audiens lebih suka konten kamu yang acak-acakan, tetap ingat harus sesuai dengan brand kamu.
Pada dasarnya, konten itu harus selalu memberi informasi pada audiens dan membantu mereka memecahkan masalah.
Jangan Asal Post
Memang, kamu harus aktif posting konten. Tapi bukan berarti posting konten yang tidak bermutu juga.
Strategi dalam content marketing selanjutnya adalah memastikan konten yang kamu publish bermanfaat dan dibutuhkan oleh audiens. Jangan posting konten yang sekiranya tidak dibutuhkan. Tetap fokus pada yang diinginkan audiens.
Buat Konten yang Lebih Bervariasi.
Banyak orang terkecoh dalam kepercayaan bahwa konten cuman berisi kata-kata. Seharusnya, Konten ditambahkan sebuah gambar atau video.
Strategi dalam Content Marketing satu ini akan akan meningkatkan interaksi dan mendorong orang untuk mengikuti Anda. Ini akan lebih penting jika kamu punya audiens yang beragam.
Jangan Lupa Analisis Konten
Karena memuat jenis konten yang beragam, kamu harus menganalisis konten apa yang banyak dilihat, disukai, dibagikan untuk menentukan strategi dalam content marketing selanjutnya.
Pada saat analisis harus mencari pola. Pola-pola ini dapat terlihat di bagian yang kurang kita perhatikan, seperti judul yang digunakan. Mungkin saja konten dengan judul “Top 10 list” kamu lebih diminati daripada konten “How-To”.
Baca Juga : 15 istilah digital marketing yang wajib kamu ketahui
Terus konsisten
Sangat mudah untuk membiarkan konten kamu dilupakan orang-orang. Oleh karena itu, kamu harus konsisten posting karena setiap postingan membantu membangun kehadiran kamu dan menambah pengikut.
Tentu, strategi dalam content marketing ini dibutuhkan komitmen yang kuat. Disaat followers bertambah, bukan berarti kamu bisa berhenti memposting konten baru. Kamu harus terus merawat followers dan menarik followers baru.
Satu Konten Untuk Semua Sosial Media
Semua konten yang kamu buat bisa dimanfaatkan untuk seluruh sosial media yang kamu gunakan. Bisa memposting link website di instagram.
Strategi dalam content marketing ini dapat menghubungkan rantai untuk menarik orang-orang ke semua sosial media atau channel yang kamu gunakan
Beberapa strategi dalam content marketing di atas dapat kamu gunakan untuk menjalankan content marketing agar lebih efektif. Jangan sampai tidak diterapkan karena hal-hal di atas itu penting.
Jika masih belum paham, kamu bisa pantengin terus website mediamarketer untuk mendapatkan info mengenai digital marketing.
Follow Instagram kami : Mediamarketer