Pebisnis Muda Sukses di Indonesia berkat Jualan Keripik
Jangan anggap remeh jualan keripik. Karena faktanya, jualan keripik bisa jadi pebisnis muda sukses di Indonesia.
Reza Nurhilman, berangkat dari berjualan keripik hingga mendapat omset 7 miliar perbulan.
Bagi kamu yang suka pedas, pasti tidak asing dengan keripik Maicih, keripik super pedas dengan berbagai level. Mungkin tidak semua orang tahu produk ini, tetapi brand ini pernah viral di sosial media.
Untuk anak yang sudah bermain Twitter sejak tahun 2010. Pasti tahu bagaimana trendingnya keripik Maicih ini.
Ingin tahu cerita Reza jadi pebisnis muda sukses di Indonesia dengan keripik pedas ini? Ini kisah perjalanannya.
Awal mula Karena Keripik Nenek.
Jika ditanya darimana mendapatkan inspirasi untuk berjualan keripik pedas ini? Reza mengaku jika ide ini tercetus saat dia mencoba keripik buatan seorang nenek disekitar rumahnya.
Rasanya benar-benar enak. Sayangnya, pembelinya hanya dia dan temannya saja waktu itu. Dia benar-benar bisa melihat peluang pada etik itu.
Dia berinisiatif untuk mendagangkan keripik tersebut ke teman-teman sekolahnya yang lain. Sudah tertebak, teman-temannya sangat antusias terhadap dagangnya.
Pada akhirnya, dia melabeli keripiknya dengan nama “Maicih” karena diambil dari pembuatnya yang seorang nenek-nenek.
Tahun 2010, pria kelahiran tahun 1987 ini membuat resep keripiknya sendiri dengan menonjolkan rasa pedas.
Dengan modal 15 juta, keripik Maicih mampu memproduksi 50 bungkus sehari dan terus berkembang hingga mengantarkan dirinya jadi pebisnis muda sukses di Indonesia.
Menggunakan Sosial Media
Salah satu faktor yang mendukung keripik Maicih ini menjadi sesukses sekarang adalah pemasaran yang tepat.
Reza menggunakan Twitter untuk promosi keripik ini. Disebutkan jika keripik ini pernah viral di twitter, bukan? Itu berarti pasar menerima sangat baik produk ini.
Bukan hanya itu, dia juga menggunakan Facebook untuk promosi dengan menunjukkan posisi reseller atau agen yang ada di berbagai tempat, seperti di kampus-kampus atau di sekolah.
Bukan hanya memanfaatkan sosial media saja, tetapi juga ada prinsip-prinsip bisnis yang diterapkan Reza untuk menjadi pebisnis muda sukses di Indonesia yang bisa kamu terapkan juga
Terus Berinovasi dan Bepikir Kreatif
Kamu harus punya ide kreatif untuk menghadapi kompetitor dan antusiasme dari pasar. Apalagi dengan persaingan yang cukup sengit.
Reza berhasil menjadi pebisnis muda sukses di Indonesia dengan kreativitas dan inovasinya dengan membangun bisnis keripik pedas Maicih ini.
Tidak Peduli Untung atau Rugi
Mendapatkan keuntungan dari sebuah bisnis merupakan tujuan akhir. Tapi, sebenarnya dalam membangun sebuah bisnis kamu juga harus siap untuk mengalami kerugian.
Maka dari itu, kamu harus membuat perencanaan yang matang dalam mendirikan suatu bisnis bisa berupa investasi atau tabungan. Jadi saat rugi, bisnis kamu akan tetap lanjut.
Personal Branding Harus Banget!
Hal yang dianut oleh pebisnis muda sukses Indonesia adalah benar-benar menganggap penting personal branding, sekecil apapun usaha kamu.
Ingat, kamu juga harus membuat branding yang mudah diingat banyak orang!
Kalau kamu belum paham, bisa klik link ini
Yang menjadi pengantar Reza bisa menjadi Pebisnis Muda Sukses di Indonesia adalah terus meningkatnya omset dari bisnis keripik ini.
Tercatat, yang tadinya perhari hanya memproduksi 50 bungkus, kini bisa mencapai 2.000 sampai 75.000 per hari dan sudah tersebar di beberapa area di Indonesia. Bahkan, keripik Maicih ini dapat kamu temukan di supermarket terdekat.
Kalau kamu suka pedas tapi belum mencoba keripik ini patut dipertanyakan. Pasalnya, ini jadi snack favorit orang-orang yang suka dengan sensasi pedas. Coba sekarang, deh!
Follow Instagram kami : Mediamarketer