Close
Type at least 1 character to search
Back to top
Fitur terbaru dari Tiktok

Fitur terbaru dari tiktok ecommerce dapat meningkatkan penjualan

Marketer sudah tau belum kalau TikTok bukan hanya berisi konten video joget-joget yang sedang viral. Highlight tayangan olah raga,  atau mengikuti perkembangan yang sedang trend lainnya. Kalau marketer punya produk atau jasa kamu harus memikirkan strategi fitur terbaru dari tiktok ecommerce kamu mulai dari sekarang.  Kalau marketer punya produk atau jasa kamu harus memikirkan strategi tiktok ecommerce kamu mulai dari sekarang. 

 

Sekarang, tiktok menjadi salah satu yang paling populer di kalangan remaja. Menurut data bigcommerce.com 60 % pengguna tiktok adalah kalangan Gen Z dengan tingkat engagement influencer hampir mencapai 18 % mengalahkan platform media sosial lainnya seperti youtube (1,63 %) dan instagram (1.63 %). Ini berarti jika kamu punya target pasar anak muda. Mempromosikan produk atau jasa di tiktok ecommerce adalah hal wajib kamu lakukan.  

 

Apa itu TikTok ecommerce dan mengapa bisnis kamu harus ada disini?  

 

Fitur terbaru dari TikTok ecommerce adalah tempat untuk menjual produk atau jasa yang memanfaatkan aplikasi video yang populer yaitu TikTok.  Ada beberapa fitur yang bisa marketer manfaatkan untuk berjualan sehingga memudahkan pengguna untuk melihat dan membeli produk dalam hitungan detik. 

 

TikTok meluncurkan TikTok for Business pada tahun 2020 dengan fitur ecommers seperti alat analitik, opsi pengiklanan, tautan produk yang memudahkan para pengusaha menghubungkan toko online dengan akun bisnis TikTok mereka.

 

Penjual dapat memasukkan tautan atau link produk langsung ke video dan bio mereka, sehingga pengguna dapat mengklik dan langsung membeli barang yang baru saja mereka lihat di feed dan bisa langsung membeli dari browser bawaan aplikasinya. 

 

Menurut data dari hootsuit.com penelitian menunjukkan sebesar 44% pengguna menemukan produk melalui iklan dan konten yang diposting oleh brand dan hanya 35% yang membeli diluar platform. Ini bisa saja terjadi karena kenyataannya Tiktok punya lebih dari satu miliar pengguna aktif perbulannya, marketer bisa bayangkan betapa besarnya potensi penjualan di platform ini. 

 

5 Tips meningkatkan brand kamu di Tiktok agar muncul di For You Page (FYP) 

 

Fitur terbaru dari Tiktok menjadi salah satu tempat pertama yang dikunjungi pengguna untuk mencari informasi dan membeli suatu produk. Ini dia cara meningkatkan brand kamu menjadi mudah ditemui oleh pengguna dan memungkinkan untuk muncul di halaman depan timeline for you page di akun mereka 

 

  • Gunakan tagar atau hashtag (#) dan kata kunci

 

Membuat video di TikTok sangat mudah, membuat orang menemukannya itu butuh usaha. Tagar dan kata kuni akan memberi tahu algoritma tentang apa postingan kamu dan membantu pengguna menemukannya. Tidak menutup kemungkinan juga kamu akan bisa menjangkau audiens baru dengan fitur ini. 

 

Sama seperti instagram dan twitter ada fitur tagar supaya pengguna mudah menemukan konten yang relevan seperti #makeup #sports #foodrecipes tanpa harus mencari lama di antara ratusan video di for you page mereka. Perhatikan tagar teratas di TikTok dan sertakan itu dalam caption kamu. 

 

  • Posting iklan

 

Feed tiktok juga dirancang untuk bisa di gulir tanpa batas dan membuat pengguna menjadi ketagihan. Jika video yang kamu buat tidak bisa menangkap perhatian pengguna, mereka pasti akan langsung menggulirnya (skip). Maka dari itu pastikan iklan video kamu harus memiliki intro yang tajam dan memikat. Tiga detik pertama untuk menarik perhatian,  pastikan musik dan visualnya menarik.

Tipsnya adalah jadilah dirimu sendiri. 

 

  • Pantau tren

 

Pada kotak pencarian di Tiktok tulis kata kunci yang mau kamu amati,  sebelum mengkil kata “cari” perhatikan kata kunci yang disarankan  dalam daftar oleh TikTok. Ini bisa kamu manfaatkan untuk mencari trend atau daftar istilah umum yang dicari orang dalam aplikasi.

 

Pastikan juga video yang kamu buat tidak kelihatan hard selling seperti iklan atau konten sponsor kamu sajikan di awal,  gunakan strategi storytelling buat seperti bercerita untuk menghindarkan konten kita di skip.  Bisa juga bekerja sama dengan konten kreator untuk membuat video produk kamu,  gunakan suara atau backsound yang sedang tren.

 

  • Tambahkan Call to Action (CTA) 

 

Kamu bisa menggunakan tautan yang ada di bagian bawah iklan TikTok untuk memudahkan mereka melihat produk yang sedang ditawarkan tanpa meninggalkan aplikasi TikTok.  Ini memnugkinkan orang yang sedang menggulir di feed dari yang cuma viewers menjadi calon pembeli. 

 

CTA yang bisa kamu gunakan seperti “pelajari lebih lanjut”, “pesan sekarang”, atau “daftar”. Kamu dapat mengubah frasa pendek menjadi tombol yang dapat di klik dan mengarahkan pengguna ke situs web bisnis atau toko kamu. 

 

  • Konsisten posting

 

Selalu posting konten video ini langkah yang organik untuk bisa dikenal banyak orang,  biasakan diri dengan fitur dan alat-alat yang ada di TikTok. Selalu arahkan viewers kembali pada akun bisnis TikTok kamu untuk membangun fanbase saat kamu membuat konten. Konten yang kamu buat bisa dipajang di “etalase gratis” TikTok. Jangan takut untuk memulai mainkan saja aplikasi Tiktok. 

 

Baca juga  : strategi dalam content marketing tahun 2022

 

Kamu bisa banget memanfaatkan informasi dan tips yang ada di artikel ini untuk mulai membuat bisnis kamu mudah ditemukan di Tiktok. Terakhir Ini bisa membantu kamu untuk meningkatkan SEO juga lo marketer. Mesin pencari dilaporkan mulai menampilkan video TikTok di hasil Pencarian Google.  Selama kamu mengoptimalkan video organik dan iklan berbayar dengan benar. Kamu punya peluang untuk muncul ketika orang mencari kata kunci tentang produk atau brand kamu. Informasi lengkap lainnya bisa kamu dapatkan di artikel Mediamarketer.id Semangat belajar! 

Written by

Mediamarketer menghadirkan platform untuk terbentuknya ide-ide kreatif, informasi spesifik, edukasi yang tepat dan menciptakan peluang untuk setiap bakat agar bisa terhubung dengan bisnis.