Bukalapak Umumkan Ekspansi Lini Bisnisnya Ke Filipina
Situs belanja jual-beli online asal Indonesia, Bukalapak umumkan ekspansi ke pasar Filipina. Dengan melakukan perluasan lini bisnisnya, yaitu meluncurkan Mitra Bukalapak versi negara tersebut dengan nama SmartSari. Atau bisa juga disebut “toko kelontong pintar” pada bulan April tahun ini.
SmartSari kini tersedia di Google Play Store dan telah diunduh sekitar 50.000 kali oleh pengguna. Tampaknya aplikasi ini sudah beroperasi sejak Juli. Keberadaan SmartSari milik Bukalapak dinilai sebagai ambisi dan dukungan terhadap umkmlokal untuk go digital dengan meluncurkan layanan pembelian pulsa telepon dan game. Selain itu, SmartSari juga berencana melebarkan bisnisnya pada beberapa fitur layanan seperti pembayaran tagihan, belanja bahan makanan, pemesanan tiket perjalanan, bahkan layanan kurir menurut situs web resminya.
Melihat SmartSari akan memfokuskan bisnisnya pada proses digitalisasi bersama toko-toko kecil yang ada di Filipina. Hal ini seperti yang kita ketahui tentang Mitra Bukalapak di Indonesia. Mitra Bukalapak sebagai salah satu unit lini bisnis Bukalapak yang memberikan kesempatan pada pemilik usaha di seluruh Indonesia untuk menjadi rekan usaha dari situs belanja online ini dan memudahkan masyarakat untuk menghasilkan lebih banyak tanpa harus membuka toko.
Baca juga : Cara Brand Besar Memanfaatkan Industri E-Sports Untuk Pemasaran Yang Efektif
Bersaing di Filipina
Sebagai aplikasi khusus, akankah SmartSari sebagai lini bisnis Bukalapak mampu bersaing dan ekspansi ke pasar Filipina? Pasalnya, keberadaan aplikasi SmartSari di Filipina membuatnya bersaing dengan layanan aplikasi sejenis. Aplikasi yang sudah ada seperti GrowSari yang dikembangkan oleh startup asal Singapura. Namun, Bukalapak meyakini tujuannya dalam membuka potensi pasar digitalisasi warung yang jarang dilirik tersebut. Hal tersebut dianggap menjadi peluang bagi perusahaan untuk berkembang. Pasalnya di Indonesia lini bisnis Mitra Bukalapak telah menjadi pendorong pendapatan terbesar Bukalapak.
Sebagai langkah awal memperkenalkan SmartSari di pasar Filipina, Bukalapak mempromosikan lini bisnisnya melalui media sosial dengan nama akun smartsari.ph di Instagram. Sudah ada sedikitnya 292 pengikut yang mengikuti akun SmartSari di Instagram. Tidak hanya itu sebagai media promosi akun ini memuat konten seputar potongan harga spesial, promosi, dan kuis untuk menarik minat pelanggan.
Mau tahu informasi terbaru dari brand-brand sukses lainnya? Terus pantau mediamarketer.id, ya!
Baca Juga: Bukalapak brings Mitra to the Philippines quietly