Branding Untuk UMKM? Penting Banget?
Kamu punya usaha, tapi tidak punya brand? Yakin usaha kamu bakal berkembang. Kebanyakan, UMKM fokus hanya pada bagaimana caranya meningkatkan penjualan dan pelayanan. Melalaikan satu faktor lain, yaitu. Brand. Banyak usaha yang tidak mau merasakan dampak adanya Branding untuk UMKM dengan berbagai alasan.
Di anggap hanya untuk perusahaan besar dan membutuhkan modal besar. Kedua hal itu salah!
Poin pertama, branding tidak memiliki syarat harus perusahaan besar yang memiliki departemen marketing dan anggaran atau keuntungan berjuta-juta hingga miliaran karena pada dasarnya branding hanya butuh niat dan keaslian.
Branding butuh modal besar? Kata siapa. Memang, kamu harus menguras kocek jika memakai jasa para ahli branding. Tapi, kamu sendiri pun bisa melakukannya dengan mempelajari ilmu brand itu sendiri. Misalnya dengan memahami produk atau layanan kamu, atau menanyakan pendapat konsumen.
Sudah tahu cara branding kan? Kalau kamu masih ragu melakukan branding untuk UMKM kamu. Bisa simak beberapa alasan pentingnya branding di bawah ini.
Gampang di notice oleh orang
Kalau bisnis kamu ingin lebih dikenal orang-orang, melakukan branding untuk UMKM kamu adalah salah satu cara yang ampuh. Brand membantu menambah awareness usaha kamu.
Misalnya, orang-orang membeli produk kamu dan dengan adanya nama brand toko, kemungkinan besar dalam pikiran mereka akan tertanam ingatan yang isinya kira-kira seprti : “Toko (Nama brand usaha kamu) jual (Nama atau jenis produk kamu)”.
Akan lebih sulit di ingat jika kamu tidak memiliki brand dan hanya berpatokan pada faktor area lokasi usaha kamu.
Membedakan kamu dari pesaing
UMKM sekarang sudah banyak bermunculan dengan berbagai produk. Jika melakukan branding untuk UMKM kamu, akan terlihat menojol di banding kompetitor lain. Apalagi produk yang ditawarkan identik.
Dengan brand juga menunjukan keunikan dari identitas usaha kamu dan originalitas produk kamu.
Baca Juga : DI BALIK 3 START-UP SUKSES DI INDONESIA
Dapat Mudah Dipercaya Konsumen.
Usaha siapa yang tidak mau mendapatkan kepercayaan konsumen? Tidak ada. Kepercayaan pelanggan adalah hal yang penting bagi sebuah bisnis, tapi tidak semudah itu untuk mendapatkannya. Apalagi tidak melakukan branding. Akan lebih susah.
Sederhananya, orang-orang lebih memilih produk di toko yang memiliki brand karena mereka percaya produk yang dijual pun bukan kaleng-kaleng. Kamu juga begitu ‘kan?
Mudah Dapat Loyal Costumers
Mudah dapat kepercayaan, mudah juga untuk mendatangkan loyal costmers. Pelanggan loyal atau loyal costumers adalah orang yang membeli produk kamu dua kali atau lebih.
Dengan adanya loyal costumers, dapat membantu kenaikan tingkat penjualan UMKM kamu. Makanya, coba lakukan branding untuk UMKM kamu biar mudah dapat loyal costumers.
Meningkatkan angka penjualan
Kata siapa branding cuman menghabiskan dana saja? Nyatanya, branding untuk UMKM bisa menambah angka pendapatan usaha kamu.
Masih ada hubungannya dengan loyal costumers. Di mana, walaupun kamu tidak menggaet costumer baru, masih ada yang membeli produk kamu, yaitu pelanggan loyal tadi. Ini tentu bisa menstabilkan angka penjualan.
Tapi, manfaat brand yang pertama itu gampang mendapatkan pelanggan baru. Ini artinya, di samping kamu punya loyal costumer, kamu bisa mendapatkan pelanggan baru karena branding untuk UMKM kamu. Pada akhirnya, ada peningkatan di penjualan.
Masih belum yakin melakukan branding untuk UMKM kamu? Yakin tidak mau merasakan manfaat-manfaat brand di atas? Masa?
Kalau belum yakin, coba ceritakan keraguan kamu untuk melakukan branding di kolom komentar!
Follow Instagram kami : Mediamarketer