Close
Type at least 1 character to search
Back to top
Rahasia Sukses Uniqlo

7 Rahasia Sukses Uniqlo, Branding Bukan Kaleng-kaleng

Tahu Uniqlo? Bagi kamu yang suka fashion pasti tidak asing dengan brand asal Jepang ini. Dengan moto “Made For All”, brand ini menjadi saingan Zara, H&M, dan Gap, brand fashion dunia. Keren kan? Mau tahu rahasia sukses Uniqlo? Ini dia strategi branding Uniqlo

Sebelum itu, kita bahas dulu awal mula Uniqlo ini berdiri.

Hiroshima, menjadi tempat bersejarah berdirinya Uniqlo. Tahun 1984, Tadashi Yanai, pendiri Uniqlo, membangun sebuah bisnis ritel fashion, Uniqlo itu sendiri, dengan Ogori Shoji menjadi induk perusahaan.

10 tahun kemudian, Uniqlo bisa membangun toko-toko kecil di Jepang. Dan Ogori Shoji berubah menjadi Fast Retailing dan mampu menaungi perusahaan lain buatan Tadashi Yanai.

Uniqlo mulai ekspansi pertama kali di luar Jepang di Shanghai tahun 1999. Hingga sekarang, toko Uniqlo tersebar di beberapa negara di Asia, Australia, Eropa dan Amerika dengan jumlah toko sekitar 2000 dan menjadi brand fashion terbesar keempat di dunia.

Rahasia Sukses Uniqlo tak hanya berdiri sebagai bisnis saja, tetapi memiliki kepedulian sosial yang tinggi dengan terlibat secara aktif di kegiatan sosial

Selanjutnya, Rahasia sukses Uniqlo yang paling utama adalah suksesnya branding Uniqlo. Kamu pengen tahu strateginya? Ini dia 5 Rahasia Sukses Branding Uniqlo

Diferensiasi Brand yang Benar-benar “Different”

Kalau masalah mendiferensiasikan suatu brand bisa dibilang lumrah. Apalagi di zaman yang jutaan brand bermunculan seperti sekarang ini.

Tapi, tahu tidak jika rahasia sukses Uniqlo ini ternyata bukan sekedar diferensiasi brand, mereka benar-benar menonjolkan ciri khas.

Tadashi Yanai bilang jika kebanyakan brand fashion ini mengikuti trend fashion yang ada. Tapi tidak dengan Uniqlo.

Mereka berpegang teguh pada prinsip dan moto “Made For All” yang mana membuat pakaian untuk semua orang.

Uniqlo fokus untuk membuat pakaian yang ‘meningkatkan kehidupan’ dan dapat dijangkau oleh semua orang.

Harga murah dan bahan berkualitas, pakaian Uniqlo diproduksi secara massal dan berpegang teguh pada pakaian klasik yang dibutuhkan semua orang.

Inovasi Tidak Mengikuti Trend

Brandbrand terkenal sepertinya wajib untuk mengikuti trend yang ada. Bukan tanpa alasan memang, mereka ingin produk diterima di pasar. Tapi, tidak dengan Uniqlo.

Rahasia sukses Uniqlo selanjutnya yaitu brand mereka berinovasi bukan untuk mengikuti trend, mereka hanya fokus untuk mengembangkannya.

Misalnya, mereka membuat HeatTech, sebuah pakaian yang dapat menjaga tubuh tetap hangat. Ini cocok sebagai bahan pakaian musim dingin. Dilengkapi dengan saku yang menjaga lengan kamu dari dinginnya suhu.

Pelayanan Yang Top-Tier

Di saat kamu masuk ke Toko Uniqlo, staff mereka akan menyambut kamu dengan ucapan selamat datang dengan wajah ceria. Itu rahasia sukses Uniqlo.

Uniqlo menunjukkan kebanggannya sebagai produk Jepang dengan menerapkan budaya Jepang itu sendiri. Mereka juga menganut kaizen.

Staff di Uniqlo sering mendapatkan pelatihan dan diawasi secara ketat. Benar-benar mencari kesempurnaan.

Kamu pernah lihat staff Uniqlo membungkus produk? Rapi dan satisfying bukan? Perlu diketahui, mereka diajarkan teknik melipat juga.

 

Baca juga : TIPS MEMULAI BISNIS FASHION PAKAI BRAND SENDIRI

 

Terlibat dengan Komunitas Lokal

Rahasia Sukses Uniqlo bukan berasal dari promosi besar-besaran. Mereka hanya berkolaborasi dengan komunitas lokal.

Ini membuat orang-orang memberikan kesan positif terhadap brand.

Salah satu campaign mereka adalah All-Product Recycling Initiative, program dimana pelanggan bisa menyumbangkan produk Uniqlo lama untuk di daur ulang.

Hasilnya akan didistribusikan ke pengungsi atau orang-orang yang membutuhkan. Salut banget bukan?

Berkolaborasi dengan Atlet Luar

Tahun 2012, Uniqlo memilih Djokovic, petenis asal Serbia, sebagai Brand Ambassador karena kesamaan value, yaitu sama-sama ingin memberikan dampak positif pada masyarakat.

Selain itu, ternyata rahasia sukses branding Uniqlo juga didukung oleh keputusan ini. Dengan dipilihnya Djokovic, membuka pasar baru di Eropa untuk brand mereka.

Tak heran Uniqlo menjadi salah satu perusahaan fashion terbesar di dunia. Produk yang berkualitas dengan harga yang terjangkau semua kalangan.

Tak hanya sekedar menjual pakaian, Uniqlo juga terus berinovasi dengan menghadirkan produk-produk yang sangat berguna.

Itulah rahasia sukses Uniqlo, mereka sangat disukai banyak orang bahkan memiliki fanbase sendiri!

 

Follow Instagram kami : Mediamarketer

Written by

Mediamarketer menghadirkan platform untuk terbentuknya ide-ide kreatif, informasi spesifik, edukasi yang tepat dan menciptakan peluang untuk setiap bakat agar bisa terhubung dengan bisnis.